(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Ringkasan Kurikulum

Program Studi Doktor Ilmu Administrasi (PS DIA) pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana (Undana) berdiri pada tahun 2013 dan bernomenklatur Program Studi Doktor Ilmu Administrasi dengan konsentrasi Ilmu Administrasi Publik. Pendirian PS DIA FISIP UNDANA berdasarkan surat penugasan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 196/E/O/2013 tertanggal 21 Mei 2013. Penyelenggaraan PS ini dimulai sejak Bulan Agustus 2013.

Kurikulum ini didesain sebagai bagian dari upaya memenuhi ekstensi prodi ini yaitu menghasikan doktor di bidang ilmu administrasi yang dapat berkontribusi terhadap kemajuan keilmuan di bidang ini maupun secara empiris turut memecahkan masalah publik yang dihadapi di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang menitik beratkan pada pencapaian kompetensi lulusan adalah perubahan dari Kurikulum Berbasis Isi yang menitik beratkan pada penguasaan IPTEKS dari lulusannya. Alasan perubahan dan penggunaan kurikulum tersebut adalah karena perubahan paradigma pendidikan yang dapat dilihat secara internal maupun eksternal perguruan tinggi.

Selain itu, dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor :232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa; Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor :045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan; Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 108/DIKTI/Kep/001 tentang Pedoman Pembukaan Program Studi dan Jurusan, maka PS DIA perlu menyusun dan memiliki kurikulum.